9 Skill Digital Marketing Yang Paling Dibutuhkan – Part 2

Sebelumnya kita sudah membahas 3 skill digital marketing yang menempati posisi tiga teratas dengan bayaran tertinggi di dunia, sekarang kita lanjut dengan 6 skill yang juga permintaannya tinggi di pasaran :

4. Email Marketing

Ada beberapa hal yang lebih penting untuk kesuksesan online daripada pemasaran dengan email. Jika Anda memiliki list email yang besar dan Anda tahu bagaimana cara memanfaatkannya, Anda dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang besar tanpa perlu kerja kantoran. Daripada membuang waktu berjam-jam setiap hari untuk mencari klien baru, sebaiknya Anda belajar email marketing. Perlu digarisbawahi, email marketing bukan berarti mengkonversi tulisan menjadi email, melainkan keseluruhan prosesnya sbb. :

image09

Dari bagan di atas dapat Anda lihat, hampir setiap bisnis memiliki masalah dalam merekrut orang yang dapat menulis email berkualitas tinggi (mampu menghasilkan konversi). Memang perlu kemampuan lebih untuk memasarkan sesuatu dengan email, lebih dari sekadar menulis sederhana beberapa email fancy.

Perusahaan membutuhkan orang yang dapat membantu mereka membangun list email besar, dari sekadar data email mentahan kemudian mengolahnya menjadi list untuk mencapai target bervariasi. Namun perlu kita pahami, membangun puluhan ribu list email tanpa adanya klien eksisting adalah tugas yang sangat menantang. Dan jika Anda mengetahui bagaimana cara melakukannya, berarti Anda memiliki kemampuan yang sangat bernilai.

Lebih dari itu, perusahaan juga membutuhkan orang-orang yang dapat menggunakan list email untuk meningkatkan pengikut di akun sosial media perusahaan, mempromosikan produk-produk baru, dan mendorong penjualan baru. Jika Anda dapat memahami bagaimana cara menguasai proses pemasaran dengan email dari awal hingga akhir, Anda akan memiliki klien-klien yang siap diajak bekerja-sama.

5. Mobile Marketing

Satu lagi kemampuan yang banyak dicari, namun sayangnya sering diabaikan, adalah kemampuan dalam seni pemasaran melalui handphone. Ketika ada banyak persamaan di antara pemasaran dengan menggunakan desktop dan mobile, ada juga banyak perbedaan untuk membuat kedua skill penting tersebut berdiri sendiri. Untuk menambah nilai sesungguhnya dari perusahaan, Anda butuh untuk memahami perbedaan-perbedaan ini dan mengapa mereka penting untuk keseluruhan bisnis.

image07

Anda juga butuh untuk mampu berbicara dengan cerdas tentang aspek-aspek yang lebih rumit dari mobile marketing, seperti SMS dan rancangan yang responsif. Kabar baiknya, pekerjaan sebagai mobile marketers masih rendah tingkat kompetisinya dibandingkan pekerjaan sebagai spesialis SEO atau social media marketers, tapi tetap menjadi sebuah kebutuhan besar untuk berbagai sektor bisnis.

Kebanyakan orang secara terang-terangan memproklamirkan diri sebagai “Facebook Guru” atau konsultan SEO. Tapi seberapa sering Anda mendengar tentang manajer mobile marketing? Hampir tidak pernah, bukan? Oleh karena itu, knowledge tentang mobile marketing ini adalah salah satu bidang menantang untuk dipelajari. Jika Anda menguasainya, Anda dapat membedakan diri dari kawanan pemasar digital lainnya. Keahlian ini akan dihargai dengan nilai tinggi beberapa tahun ke depan.

6. Analytics

Salah satu bagian terpenting dari pemasaran digital adalah analytics. Anda mungkin dapat mempelajari setiap skill yang sudah kami kemukakan sebelumnya, tetapi tanpa adanya kekuatan analytics, Anda bagaikan bertarung dengan satu tangan terikat di belakang punggung. Dalam setiap kampanye pemasaran, menjadi hal penting untuk melakukan pengujian, melacak data, dan kemudian menganalisis data tersebut untuk menetapkan bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan dataran tinggi pemasaran.

image02

Untuk menjadi pemasar digital terbaik seperti yang Anda impikan, Anda membutuhkan kemampuan untuk menganalisis usaha pemasaran yang dilakukan oleh orang lain dan membuat penyempurnaan berdasarkan apa yang telah Anda pelajari. Ini adalah satu-satunya cara untuk menempatkan kemampuan pemasaran yang Anda miliki di pesawat tercepat dan mencapai kesuksesan yang sesungguhnya.

(KEMBALI KE PART 1)
(LANJUT KE PART 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.